Minggu, 16 Oktober 2011

Strolling with Ara

Ceritaku hari Kamis, 13 Oct 2011

Selalu ada kata "pertama" dalam melakukan sesuatu. Iya, seperti hari ini. Pertama kali dalam sejarah kehidupan gw setibanya di Melbourne dan mencoba berkelana menjejakkan kaki di Melbourne dan sekitarnya hanya ber2 dengan my baby Ara. Destinasinya memang gak jauh, cukup di kampus ayah aja, University of Melbourne.

Mungkin ini cuma cerita biasa, tapi boleh dong sambil membusungkan dada dan dengan sombong berkata "Yes, I made it." Ini kali kedua gw ikutan Spouse program di kampus Ayah. Pertama kali, masih barengan Ayah dan ditungguin. Nah, yang kedua kali ini, sebenernya niat awalnya tuh mau berangkat barengan ma suami, yang kebetulan hari ini kerja. Yah, tapi kenyataannya kadang suka g sejalan, maklumlah namanya punya baby, banyak yang harus disiapin *ngeles, padahal bangunnya kesiangan* hehe.. Jadilah, suami berangkat duluan.

Well, mungkin kalo di tanah air tercinta, pergi-pergian gak ada masalah, kalaupun harus bawa baby, kemungkinan besar pasti ada yg bisa diajak dan pastinya bawa kendaraan sendiri biar g ribet. Nah, berhubung lagi di negara orang dan gak punya kendaraan pribadi, makanya kalau mau jalan sendiri eh berdua sama Ara, agak2 mikir, maklum mental gw belum sebanding sama mental ibu2 bule sini, yang udah biasa berstrolling ria dan naik turun public transportation. Untungnya semua public transportation di sini, user friendly dan nyaman, jadinya gak masalah kalo harus bepergian pake angkutan umum.
Oke, akhirnya setelah beres, kita (gw & baby Ara) berangkat dari rumah jam 10.20 dan dengan PD nya gak ngecek jadwal tram. Perjuangan pertama yang harus dilewatin adalah : BAGAIMANA CARANYA NURUNIN STROLLER DAN ARA?? Oke, perlu dijelaskan bahwa gw tinggal di flat dan kebetulan dapet di lantai 2. Bisa dibayangkan dong perjuangan kita setiap kali harus pergi dan harus ngangkat2 stroller? Oke, kalau keadaan normalnya, yaitu: Gw gendong Ara dan suami gw bertugas nurunin stroller. IDEALnya begitu. tapi berhubung suami gw dah berangkat duluan, jadilah gw harus ngegendong Ara plus nurunin stroller. Alhamdulillah begitu selamat sampe di bawah tangga, gw bisa bilang "UJIAN PERTAMA, SUKSES!!!"

Selanjutnya, perjalanan dimulai. Untuk mencapai angkutan umum, rencananya kita mau naik tram aja, kita harus jalan kurang lenih 1 Km untuk sampe di jalan raya dan Alhamdulillah, nasib masih berpihak sama kita, begitu sampe, tram nya pun sampe, langsung kita lari2 kecil. Yang gw inget berdasarkan wejangan suami gw adalah, kalo kita berangkat sendiri dan bawa stroller, mending naik tram nya dari pintu depan a.k.a deket pintu supir, jadi biar supirnya bantuin ngangkat strollernya. Dan alhamdulillah, supirnya pun turun tangan bantuin, karena emang kebetulan gak ada yang barengan naik sama kita. Untunganya, angkutan umum di sini  para supirnya gak ada yang kejar setoran, kalau nasibnya sama kaya di tanah air, boro2  mau bantuin ngangkat stroller yah? yang ada langsung tancep gas dan ninggalin karbon monoksidanya yang ampun2an. Dan dengan ini pun "UJIAN KEDUA TELAH DILEWATI, Alhamdulillah..."
Yarra Tram
Taken from google

To be honest, mungkin buat yang baca blog gw (kalau ada hehe) mungkin ngerasa gw terlalu lebay ya. Mungkinberfikir, halllahhhh gitu aja, ko di bikin ribet. Well hey, buat seorang gw, ini emang RIBET hehe..At least, untuk karakter dan mental, gw emang belom dapet tuh kaya para bule2 di sini yang menurut gw TOP banget. Makanya dalam rangka pembentukan mental ini lah, gw mencoba belajar mandiri, salah satu contohnya yah pergi berdua aja sama Ara. And it's NOT easy anyway...

Perjalanan memakan waktu kurang lebih 15 menitan, kebetulan kita naik tram dari Stop 31 dan harus berhenti di kampus suami gw, yaitu Stop 10. Lumayan lah.. Sepanjang jalan, Alhamdulillah Ara tenang dan malahan kriyep2 mau bobo.

Begitu sampe di stop 10, kebetulan banyak mahasiswa yang barengan turun, jadi soal nurunin stroller, ah... It's a piece of cake.. Baru bilang "would you like to help...?" aja, tuh bule langsung jawab "oh..sure...". Oke... prok..prok..prok.. sampailah kami ke kampus ayah dan siap2 untuk menimba ilmu.

Begitu sampe kampus, eh tiba2 ada sms, dari Ayah tercinta, nanyain udah sampe apa belom. A bit worried kali yah..soalnya Ayah tau, si Bunda agak2 mehe2, takut dikira gak sampe atau malah nyasar. Maklum, si Bunda kadang mengalami disorientasi arah atau kadang malah short-term-memory lost hehe. Tenang Ayah, Alhamdulillah kita sampai dengan selamat.

Detik berlalu, pelajaran pun berlangsung, lumayan lah, upgrade bahasa Inggris. ketemu banyak orang dari berbagai negara, belajar aksen mereka, mempertajam listening juga. Soalnya listening gw suka dodol hehe.. Dan yang paling penting, BERSOSIALISASI!!! Hayah...masa mau di rumah terus, BOSEN dong...

Boleh di bilang, dari 100% pelajaran, gw cuma 30% mantengin tuh guru, kenapa?? Biasalah... namanya bawa baby mah riweuh. Dikit2 nangis, dikit2 minta minum, yah..apa boleh buat, jadi pelajarannya juga cuma setengah2 deh diikutinnya. Mungkin karena Ara masih ngerasa asing, jadinya rewel. Ada beberapa anak2 kecil lainnya, udah mulai anteng, emang sih yang paling kecil tuh Ara. Makanya mau dibiasain bergaul, biar gak malu-malu dan gak kuper hehe..

Oke,, time's up! Udah jam 13.30 niy, waktunya pulang deh dan artinya PERJUANGAN dimulai.. Tapi berbekal pengalaman berangkat yang lancar, jadi udah PD deh pulang sendirian. Walopun pas udah menjelang sampe rumah Ara mulai kasak kusuk rewel, tapi akhirnya... gw, ERNA dengan sombong dan jumawa sambil ngangkat dagu, mau bilang kalo gw...

"Berhasil... Berhasil...."

sambil loncat2 ala Dora the Explorer!!! Prok...prok....prok....

2 komentar:

  1. haiii erna....

    ternyata lo di melbourne ya sekarang.....
    salut banget gw sama cerita lo ...

    salam ya buat Ara....
    ditunggu cerita yang lain...

    BalasHapus
  2. hehe..iya put. ikut suami kuliah di sini dan jadi ibu RT aja hehe..iya gw juga suka baca tuh blog lo..kereeennn!!!

    BalasHapus