Jumat, 07 Oktober 2011

Konstipasi No More...Yeah!!!

Baiklah, sebagai orang tua baru, gw dan suami gw tidak luput dari kebodohan dan ketidakmumpuni seputar pengetahuan HOW TO RAISE A KID. Jadi mumpung masih hot n fresh from the oven, let me tell you our story.

Yang namanya punya bayi, bohong banget kalo kita gak ngerasa repot atau khawatir terhadap bayi kita. Mungkin kalo kita tinggal bareng orang tua atau at least masih deketan sama keluarga, semua kekhawatiran tentang anak ya tinggal kita share ke mereka, tapi kalo yg tinggalnya jauh kaya kita gini, gimana dooong?? Berbekal teknologi yg makin canggih sekarang ini, seharusnya semua pertanyaan bisa terjawab dengan mudahnya melalui KECANGGIHAN TEKNOLOGI, ada HP, ada internet, yah kalo masih belum dapet solusinya yah terpaksa nge-dokter. Atau yang paling gampang yaitu mengandalkan intuisi tertinggi kita (hayah bahasa gw!!) alias KE-SOTOY-AN kita sebagai ortu.

Semenjak Ara starting her solid, boleh dibilang, tiap kali pup, she  had to push a little harder. Tapi masih bisa dibilang, semua g ada masalah, paling gak Ara masih teratur pup nya. Tapi semenjak minggu lalu, Ara mengalami masalah dalam per-pup-annya, konstipasi bahasa kerennya. Udah sempet share ke beberapa temen n orang tua, mereka nyaranin untuk banyakin makan serat baik bunda dan anaknya, seperti pepaya atau alpukat, atau juga makanannya Ara lebih diencerin, trus diminumin air yang banyak dll bahkan ada beberapa saran yang lumayan ekstrem, seperti masukiin tangan kita ke duburnya dengan diolesin sabun biar licin gt. Nah yg begini, kita mikir beribu kali, soalnya hadooh ko rasanya agak gimanaaaa... gitu yah hehe.

Untunglah, sebelum hal itu beneran kita lakuin, kita sepakat mending langsung bawa ke dokter lagi aja deh setelah melalui malam panjang yang mengenaskan buat Ara (cerita ini dibahas di tulisan lain ya). KO LAGI?? Iya sebenernya, Jumat minggu lalu juga selain check up ke dokter, kita udah sempet konsultasiin hal ini ke dokter, cuma tuh dokter masih bilang, hal ini wajar. Karena Ara baru mulai solid food, sarannya dy yah lebih banyakin minum air putih aja biar ngebantu ngelancarin pencernaannya. Baiklah, kita udah ngikutin saran dokter, tapi kok yah gak ada tanda2 membaik. Akhirnya, berhubung Ara semakin didera kesakitan yang tak berujung (cuiihhh bahasa gw!!) jadilah kita bawa lagi Ara ke dokter n sekalian imunisasi yang mahal itu hehe. Kenapa mahal? karena sekarang imunisasi buat anak udah gak ditanggung asuransi lagi dan agak ngenesnya karena imunisasi PVC yang mau dikasih ke Ara adalah imunisasi TERMAHAL di sini dan Ara harus diimunisasi sebanyak 2x (yang notebenenya kata si Ayah, 2x imunisasi PVC ini bisa buat beli PS 3 nya dy ckckck..). Tetapi demi anak, apa sih yang gak...ya kan?? gak ada juga pasti di ada2in kok..

Alhamdulillah, kali ini kita dapet dokter yang beda, sama hal nya seperti di negara tercinta, kalo soal dokter itu juga cocok2an. Nah, yang ini , menurut kita lebih "click" aja gitu. Lebih friendly dan enak diajak konsultasi. Setelah kita kasih tau keluhannya apa, akhirnya Ara di cek lah duburnya. She said: "No wonder she didn't want to pup, look at this, it's stricken here and it's hurted." (kurang lebih bahasa dokternya gini). Duh kasian kamu nak... Akhirnya dy nyaranin si Bundanya untuk makan buah PRUNE (karena dy tidak menyarankan pemberian obat, apalagi masih baby gini. love you dokter!). Hah??? Buah apaan tuh?? Setelah di googlingin ama bu Dokter, ternyata buah Prune tuh kaya gini.

Buah Prune
Taken from google

Dried Prune
Taken from google
Nah, dy nyaranin makan dried prune, ini dijual bebas di supermarket. Buah ini ternyata kaya serat, pepaya kalah deh. Bunda nya disuruh makan biar ASI bundanya mengandung sari buah ini. Tapi kalo ternyata setelah makan buah ini, Ara belum juga pup, mau gak mau minggu depan balik lagi dan harus pake obat hiks.

Pulang dari dokter, langsung lah kita nyari tuh buah, alhamdulillah gampang dicari, dan begitu sampe rumah, langsung deh Bundanya makanin ni buah. Soal rasa, mmm... lumayan enak ko, kaya kismis gt. Padahal udah agak pesimis juga,mengingat dokternya bilang rasanya mungkin gak terlalu enak. Tapi setelah di coba, ahhhh...yang begini mah masih enak dok. Jadilah Bundanya ngemilin buah Prune supaya Ara cepet Pup.

Dried Prune yang berhasil ditemukan
Alhamdulillah, ini buah lumayan tokcer juga khasiatnya, kurang dari 24 jam, Ara sudah berhasil 3x mengeluarkan onggokan2 kotoran yang mengendap selama 1 minggu. Yeeeahhh!!!! You go Girl!! Bagian keberhasilan Ara dengan per-pup-annya tidak didokumentasikan karena dianggap kurang lazim, jadi yah intinya setelah berjuang dengan gerilya, putri kecil kami telah lulus mendapatkan ijazah atas keberhasilannya melawan gerakan sembelit selama hampir 1 minggu *peluk cium haru untuk Ara*

Berikut momen mengharukan yang dapat kami dokumentasikan setelah perjuangan mengharu biru yang telah berhasil dilalui oleh putri kecil kami, ARNA DYANDRA AMEERA. Let's give her standing ovation...

Pose Ara setelah berhasil Pup

Bukti keampuhan dried prune


Nah, bagi teman2 yang mengalami konstipasi, mungkin dried prune bisa dicoba karena telah terbukti mampu melancarkan pencernaan dalam waktu yang sangat singkat.

SELAMAT MENCOBA!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar