Senin, 31 Desember 2012

My Tricky Baby

Adaaaa aja kelakuannya yg menggelitik. Itulah my baby bala bala. Umurnya yg sudah menginjak 21 bulan membuat tingkah dan pola pikirnya semakin berkembang. Memang, menyapih insya allah masih akan dilakukan 3 bulan kemudian, saat umurnya genap 2 tahun. Tapi, berdasarkan cerita dan pengalaman temen2 yang udah berhasil weaning with love, maka gw berniat mencoba salah satu trick yang udah dilakuin dan berhasil. Yaaaah pada dasarnya, tiap anak beda2 sih, trik yg satu berhasil untuk satu anak, belum tentu berhasil diterapkan buat anak lain. Tapi, gak ada salahnya kan dicoba :)

Jadi begini, sesuai saran temen gw, weaning with love ga bisa dilakuin secra instan, anak harus belajar beradaptasi secara berthap supaya ia "belajar" dan gak kaget. Sebenernya sih gw pribadi ngerasa air susu gw udah sedikit, makanya gw ngerasa bocil kalo pas mimi gw itu sebenernya cuma "syarat" aja dan kebiasaan pengantar tidur, semacam mencari kenyamanan ngusel2 sama bundanya gitu. Gw sih seneng aja, artinya bonding gw dan bocil makin erat. Hanya aja, terkadang kalo lagi cranky, bocil bisa mimik semaleman dan kalo gw nya lagi berasa restless, akibatnya gw suka ngomel2 ditengah malem hehe. Biasanya sih, kejadian kaya gini bisa terjadi kalo bocil kecapean, kelaperan, dan mungkin ada yg dirasa dibadannya alias lagi sakit. Nah, kalo udah gini, gw nya harus siap ON semaleman.

Dan, selain itu, sebenernya usia seginikan, minum ASI bukan lagi jadi kebutuhan utama ya, anak harus makan makanan padat dengan gizi seimbang (kenyataannya emaknya masakannya masih acak2an, tutup muka) dan susu apapun itu, hanyalah sebagai tambahan, dan yang sebenernya juga gak minum susu gapapa, karena kalsium harusnya bisa dipenuhi dari makanan lain. Atau kalaupun mau kasih susu UHT, atau susu murni, atau susu kedelai ya silahkan, asal bukan menu utama. Nah, ini masalahnya, bocil alergi susu sapi, tapi dikasih susu kedelai, gak suka huhuhuuu...

Dan akibat lainnya kalo ara kebanyakan minum asi adalah, nafsu makannya berkurang alias cepet kenyang apalagi setelah semaleman ngedot terus. Karena itulah, bocil jadi susah makan dan pengaruhnya kenaikan berat badannya iriiiiiit banget! Beuuuh panjang yah bahasan gw!

Atas saran nurse, gw diminta ngurangin pemberian asi, sebagai gantinya kasih menu makanan yg variatif biar anak ga bosen. Dan sebelum tidur, untuk menghindari kelaperan di tengah malem,   Sebaiknya gw kasih fruit smoothies, jadi bocil jg bisa minum susu plus malemnya ga kebangun rewel karena kelaperan. Bagian ini masih jadi peer banget nih. Bocil susaaaaah bgt dikasih smoothies, giliran dikasih jus atau teh manis aja doyan huuuftt

Dan, intinya gw mau memulai perjalanan menyapih yang kurang lebih 3 bulan lagi semoga keliatan hasilnya. Cara yg gw aplikasikan ke ara adalah dengan menanamkan "doktrin" dan mengenalkan konsep "kakak - baby". Bocil kan lagi suka ngeliat anak kecil nih, terutama bayi, nah kalo dia ngeliat anak kecil, pasti selalu bilang "baby" dan gw selalu bilang "ara 3 bulan lagi udah ga mimi bunda ya, kan ara sekarang sudah jadi kaka, bukan baby lagi" nah, kalo setiap gw abis bilang gini, dy pasti langsung nepuk2 dadanya dan bilang "kaka" trus abis itu nunjuk gw sambil bilang "ga mimi". Okeh, doktrin udah berjalan sebulanan, dan bagian itu cukup berhasil.

Tapi oh tetapi niiih, yang gw perhatiin, semenjak dy tau konsep kakak-baby, ara gak pernah bilang mimi lagi. Tapi sekarang suka agak merengek sambil narik2 gw. Oia, dan gw juga mendoktrin, kalo ara mau mimi, harus di kamar, jadilah kalo bocil minta mimi, pasti narik gw dan nunjuk ke kamar, tapi gak mau bilang mimi. Sampe akhirnya, gw yang nanya, "ara mau mimi?" Baru deh bocil bilang "iya"... Nah, kalo udah gini, lupa deh sama "kaka" dan "baby". Mungkin dalam pikiran dy, gw kan ga minta mimi, yang nawarin bunda, trus aku iya-in deh. Jadi aku tetep bisa mimi walaupun udah jadi kaka. Hehee.. Duh, anak bunda! How tricky you are!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar