Rabu, 02 Mei 2012

Mlaku-mlaku *jowo detected*

Jangan bilang udah ke Melbourne kalo belum datengin tempat mlaku2 inih! Eh, gak ding becanda! maksyudnya tempat mlaku2 yang mumer alias gretongan ini, emang jadi getaway yang cucok lah, buat jjs sambil melihat2 kota dan keramaian yang ada, saya panggilkan becak... eh, ko malah nyanyi hehe. Dan, berrrriiiikut tempat2 yang seru buat didatengin:

1. Flinders Street Station
Letaknya pas di jantung kota, stasiun tua ini, tempat bertemu dan janjian yang cucok, dijamin ga bakal nyasar deh. Biasanya pada janjian di bawah jam alias dipintu masuknya ituuuu... Nah, dari sini, sok lah mau jalan2 ke sekitaran city, cincayyyy... deket, transportasi gampang dan nyaman, mo jalan kaki sambil strolling juga hayu...


foto diambil dari sebrang Flinders St.

Ade gw bergaya di sebrang jauh Flinders St.

2. Federal Square
Nah, yang ini letaknya persis disebrangnya Flinders St, biasanya suka banyak acara di Fedsquare ini, ada ACMI (Australian Centre for the Moving Image) juga, kalo mau liat segala2 mengenai perjalanan dan sejarah industri perfilman dll.

Federal Square

3. Queen Victoria Market
Yak... Dipilih...dipiliiiihhh... Queen Victooria Market adalah tempat tersohor di Melbourne *lebay*. siapa sih yg gak tau Vicmart? Tempat kebanyakan mahasiswa Indonesia mengumpulkan pundi2 emasnya di benua Ausi ini hehe, tempat belanja murah, segala jenis ada, tempat pertemuan dan perkumpulan penjual dan pembeli *yaiya kaleee namanya juga pasar* nah, kalo pasar tradisional di Indo model begini, pasti gw ga nolak deh kalo diajak ke pasar hehe. Lucunya lagi, Vicmart ini setiap Senin dan Rabu itu tutup alias gak buka *anak SD juga tau jeng!* trus kalo hari sabtu ato minggu rata2 para penjual mengobral diri eh maksudnya mengobral dagangannya yah, jadi suka murah gitu. Dulu, waktu gw masih suka belanja di Vicmart, kita hobi belanja hari sabtu, dimana sekitar jam 2-3 sorean tuh para penjual ngejual dagangannya murah meriah, untung2an juga sih, kalo lagi untung, dapet buah2an dan sayuran $1 seabreg2 dan masih bagus gitu. Dan para penjual dengan lantangnya teriak... " one dollar... one dollar..." hehe.  Vicmart juga jadi tujuan utama para turis yang mau belanja souvenir ato oleh2 khas Melbourne yang kebanyakan Made In China looo. Sebenernya, di city dan di toko2 khusus souvenir juga banyak yang jual, tapi lagi2 disini jauh lebih murah yoooww..

Queen Victoria Market

4. Shrien of Remembrance
Kalo yang suka sama yang namanya sejarah2 gitu, bisa dateng ke Shrien of Remembrance, tempat ini berisikan sejarah2 Australia dalam perang dunia dan sebagainya, dilengkapi juga dengan koleksi2 dari jaman perang. Cukup naik tram ke arah St. Kilda Road, dan tarrrraaaa.... kita langsung disambut sama hamparan rumput hijau, patung2 dan jalanan menanjak, tapi terlepas mau masuk ke dalemnya ato gak, tempat ini asik buat foto2 atopun bersantai2.

Shrien of Remembrance

5. Royal Botanic Garden
Ah... ini mah Kebun Raya nya Melbourne, siapa coba yang gak suka main2 di kebun raya? tempatnya cukup teduh, asik buat piknik, tamsya, jalan2, santai2, berjemur, ato apalah... cukup melipir sedikit dari Shrien of Remembrance dan langsung bisa menikmati wisata murah lainnya.

Royal Botanic Gardens

6. Fitzroy Garden
Ini juga taman yang besar ke dua setelah Royal Botanic Gardens, banyak tempat2 menarik di dalamnya. Salah satunya adalah rumahnya James Cook. Boleh masuk gratis ke Fitzroy Garden, tapi untuk masuk ke Cook's cottage nya harus bayar yah...

Fitzroy Garden

7. South Yarra
Tempat paporit juga niy sama keluarga kalo lagi bosen ga ada ide mau kemana, cukup jalan2 di sepanjang Yarra river baik dari arah Southbank ato Northbank nya sama2 asik. Duduk2 santai, sambil baca buku, ada juga yang sambil jogging, sambil ngeliatin yang lagi main kayaking ato canoeing ditemenin burung2 yang hilir mudik, mmm.. lumayan lah, walopun sebenernya air sungainya sih ga terlalu bersih, tapi juga ga sekotor ciliwung yah, tapi banyak aktivitas yang bisa dilakuin di sepanjang yarra ini, ato kalo mau barbeque-an juga boleh, disediain beberapa alat grill gratis ko.





8. Dockland
Dockland, mmm...  what can i say? tempatnya asik buat kongkow2, juga banyak areal apartment mahal, dan merupakan daerah harbour gitu, banyak boat bersandar, ada juga mall Harbour Town dan Etihad Stadium.


9. Eureka Skydeck 88
Yang ini sebenernya ga gratis sih, jadi ini tuh gedung tertinggi di Australia, hampir mirip kaya Mnas gitu lah, cuma dikemas dalam tampilan yang jauh lebih menarik. Boleh, kalo mau ngeliat Melbourne dari ketinggian 300-an meter, dan kalo mau mau nyoba The Edge nya juga silahkan, tapi resiko tanggung sendiri yah, terutama buat yang agak phobia ketinggian.


10. State Library of Victoria
Sejujurnya, gw juga belum pernah masuk ke sini *kabooorrrr* hehehe... cuma kalo lewatin depannya mah sering banget. Di dalemnya selain banyak buku2, juga ada arena game gitu, ada Play station yang bisa dimainin gratis, selain itu juga sering ada exhibition2 menarik. mmm... harus diagendakan nih kesini:)

11. Parks
Tau dong, kalo Melbourne terkenal dengan kota seribu taman, jadinya setiap selemparan batu, bisa nemuin deh taman2 umun, dari yang mulai taman kecil sampe taman besar. Terhitung radius 0,5 - 2 km dari unit gw, kita bisa nemuin 3 taman. Ara seneng banget main di taman, favoritenya itu main swing, dan di taman ini kalo sore rame deh, para orang tua nemenin anak2nya mainan, sambil bergosip, olah raga ato main sama doggy nya.




Baiklah, sampe  sini dulu review singkat tentang wisata mumer di Melben, sampe juga di postingan lainnya. Dadah dadah ala Miss Universe :* 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar