Kamis, 10 Mei 2012

Aku ingin begini, aku ingin begitu

Punya waktu dikit ni mumpung bocil lagi bobo, markiblog lahhhh... Tiba2 tadi gw kepikiran tentang sesuatu yang ajib gile keren banget gituuuu *plis deh bahasa gw!* tentang apa sih??? Pokonya sesuatu yang brilian dan terkesan intelek banget deh uhuk... Iya, mau ngomongin soal kendaraan umum ni. Ih.... ga menarik ya? Gapapalah, mumpung lagi "bener" pengen ngebahas dikit aja gitu. Ini mah resmi bahasan ecek-ecek ajah, dari kacamata awam sayah sajah gitu.

Duluuuu banget gw sempet pernah nulis juga tentang beda transportasi umum di Jakarta dan di Melbourne, nah sekarang gw juga mau ngebahas itu lagi hehe... ga kreatip ya. Yah, sebenernya si lebih ke curahan hati seorang ibu muda nan cantik jelita inih *siap2 ditimpuk* Hai kamuuuu! Jakartan (sebutan buat yg tinggal di Jakarta dan sekitarnya), pernah gak sih ngarep dikiiiiiit aja dengan adanya perbaikan sarana transportasi massal di Jakarta??? Jujur yaaaa.... Sekarang deh, kayanya kata2 macet, banjir, polusi itu udah jadi kata2 sehari2 yang kudu musti wajib dan pasti dikeluhin para warga ibukota tiap harinya, entah di berita, di twitter, facebook, semuuuua pada curcol berjamaah deh. Trus trus??? yang kita bisa lakuin sebagai rakyat jelata emang cuma ngeluh doang yah? hiks menyedihkan. Kita ga punya kuasa untuk sedikit aja memperbaiki keadaan gituuuuu.

Kalo gitu, haaaaaiii para pemimpin yang katanya menyuarakan hati rakyat!!!! Apa kabar dunia??? Ih, pada ga bosen gitu ama kemacetan dll nya? Punya kuasa tapi g bisa ngubah keadaan? Hell ya! Ke laut aje! Iya iya... ngerti, ngubah dan memperbaiki Jakarta emang ga segampang ngebalik telapak tangan, ini tuh ibaratnya kaya mencari jarum ditumpukan jerami tapi inget dong adapepatah yang bilang where there's a will, there's a way ya kan ya doong? Paling gak, ada perbaikan yang kontinuitas trus juga ada konsistensi pembangunan perbaikan sarana transportasi yang ada.

Lagi-lagi gw cuma mau bilang, ini bukan berdasarkan hasil riset dan apapun itu yang berkaitan dengan intelektualitas tinggi, ini mah resmi curahan hati saja. Bener ga boong. Emang segala sesuatu menuju perbaikan itu g instan, butuh waktu, dana, mental, ide dan sikap. Dan pastinya banyak juga yang harus diurus sana sini. tapi yuuuk kalo g dimulai, mo sampe kapan gini gini terus. Okelah, proyek TransJakarta lumayan, walaupun masih banyak keluhan dll. Tapi at least, ada sarana transportasi massa yang direalisasi, tinggal maintenancenya niy dan perbanyak armada juga kali ya.

Ini semua kan demi kebaikan bersama, demi kebaikan sang ibu kota tercinta. Biar maksud jangka panjangnya mengurangi angka kemacetan lalu lintas dan kawan-kawannya tuh. Lagian, penduduk Jakarta emang udah padet banget yah. Semua orang dari berbagai propinsi dan daerah berbondong-bondong pengen mencicipi manisnya Jakarta, alhasil semuaaaa deh ada di sini. Udah gitu, seakan g mau ketinggalan, bukan cuma orangnya aja yang nambah, bangunan kantor, mal, apartemen juga ikutan latah pengen eksis, belum lagi Jakarta jadi pusat segala pusat, sebut aja, pusat pemerintahan, pendidikan, ekonomi yah pokonya semua lengkap di Jakarta lah. mmm... ato emang udah waktunya ya ibukota negara dan pusat pemerintahan di pindah ke daerah lain? Well, kalo benar begitu adanya, tampaknya saya sekeluarga yang harus siap hengkang dari jakarta dan sekitarnya *maklum sang suami abdi negara cuyyy* tapi kalopun itu opsi terakhir demi menyelamatkan hajat hidup orang banyak, siapa takut? Okey, biarkan lah mereka yang katanya intelek dan punya kuasa itu aja yang membahas soal perpindahan ibu kota tercinta ini. Kalo saya mah, sebagai ibu2 cuma pengen yang gampang aja. Pengen adanya jaminan mendapatkan kenyamanan dalam berkendara. Gw tuh bukan tipikal anak mami yang harus pergi2 pake boil pribadi ko, gw cukup nyaman sentosa sebagai pengguna transportasi umum, nah masalahnya apakah kebutuhan sarana transportasi di jakarta dan sekitarnya sudah memadai? Ayoooo... Siapa yang mau jawabbbb!!!

Kenapa sih, kita gak mencontoh negara2 tetangga yang udah sukses dengan jaringan transportasi masalnya? Kenapa sih pembangunan MRT yang udah setengah jalan malah dibiarin gitu aja dan malah ngerusak pemandangan ibukota? Kenapa sih, maintenance dan armada Transjakarta makin amburadul? Huffff.... Bnyak ternyata problematikanya yah... So, where should we start?

Mungkin yah, kita harus mulai konsisten dulu, silakan dipilih mau jenis transportasi masal yang paling cocok diterapkan itu yang mana? Setelah itu, ayooo dong pembangunannya digencarkan, jangan cuma gencar minta dana aja, tapi kurang realisasinya. Trus juga batasin deh tuh kendaraan di kota, baik kendaraan umum ataupun pribadi. Caranya? Yah... Situ kan orang pinter, pikirin dong ah! Trus juga kita harus mulai tuh yang namanya menghapus subsidi buat BBM, ahhhhh.. Biarin pada demo kek, terserah. Yang penting, tujuan utama untuk membangun transportasi umum yang layak bisa tercapai. Terus juga yah, stop produksi kendaraan bermotor *eh ga mungkin yah*, at least dibuat suatu regulasi yang tegas supaya pembelian kendaraan bermotor bisa ditekan. Yah... Gimana enggak, sekarang mau beli mobil ato motor baru kan gampang banget tuh, cuma punya 100rebu, pulang udah bisa bawa motor baru, bahkan ada beberapa jasa leasing yang memberikan DP 0% alias gretong dan udah bisa bawa kendaraan pulang ckckck... Gimana ga super gampang tuh!

Ah... Yasudahlah, kita cukupkan saja curhatan di siang hari ini, bukan kapasitas saya berkomentar dan memberi pencerahan. Saya mah, beneran deh, cuma ibu rumah tangga aja. Tapi boleh dong kalo saya juga pengen ngerasain ada sarana transportasi masal yang nyaman di jakarta? Bolehlah, transjakarta, ato tram, ato train, ato bus, ato MRT, ato subway, ato monorail, ato mungkin hei...... Baling baling bambuuuuuu..... *maaph endingnya kacau*



Tidak ada komentar:

Posting Komentar