Kamis, 10 Mei 2012

Berita ini...

Bukan berita baru, beritanya udah keseringan terjadi, dianggap suatu hal yang wajar, gak ada tindakan preventif apalagi tindakan hukum yang memadai, yasudahlah... Manusia2 itu masih bebas berkeliaran dan berkendara dengan sekarepmu *sigh*. eh, sebenernya gw lagi ngomongin apa sih? Kalimat pembukanya langsung ujug2 bernada putus asa gitu... Gini lo jeng, gw tuh lagi ngomongin kecelakaan lalu lintas yang kemaren baru terjadi di jakarta raya, kereta KRL menabrak taksi. Trus, menurutloooo?



Dan, kejadian seperti itu, jujur aja ngebuat gw trauma mendalam aihhhh... Bukan..bukan.. Mudah2an jangan pernah mengalami hal2 yang menyeramkan itu, tapi tetep aja, selalu setiap kali gw harus berkendara di jakarta dan sekitarnya, dimana gw harus melintasi jalanan kereta, acapkali gw terperangkap dengan kegalauan yang mendalam alias ngeri ciiinnn... Sumpah, entah gw lagi naik mobil, motor ato angkot sekalipun, setiap kali mo nyebrangin jalan kereta, gw bener2 waspada dan parno, kalo gw udah ngedenger tanda2 kereta mau lewat, gw memilih untuk berhenti, walopun palang kereta belum turun, terserah deh mau di tan tin tan tin in orang sekampung. Giiihhh... Lo aja jalan duluan. Bukan kenapa? Dengan banyaknya jumlah motor dan mobil di jalanan, ngebuat kita harus melintasi jalan kereta api agak riweuh, tersendat2, macet dan lain2, apalagi yang gw perhatiin yah, daerah perlintasan kereta api di daerah bekasi itu biasanya jalanan jelek dan agak menanjak. See, gimana ga makin parno gw! Udah jalanan jelek, kalo pas lagi bawa mobil, gw harus kerja ekstra menyelaraskan kaki kiri kanan gw buat nginjek gas, rem dan kopling di saat yang tepat biar ga mati tuh mesin apalagi sampe mundur grrrr *maklum mobil ortu masih yg manual*

Dan, untuk kasus kecelakaan yang kemaren baru terjadi itu adalah disebabkan oleh banyaknya jumlah pengendara motor yang tidak tertib alias main serobot dengan mengambil arus berlawanan, padahal itu jalanan udah pake separator sepanjang 1 km, eh para pengendara motor masih juga ngelawan arus, dan mengakibatkan kemacetan dan keriweuhan terjadi. Trus kalo akhirnya sang taksi ga bisa jalan dan stuck gara2 ulah para pengendara motor yang bodoh itu dan akhirnya naas ketabrak kereta, salah siapa? Yaaaa ampuuunnnn.... Hello... Belajar pinter dikit dooong! Gw kadang keseeel banget sama kejadian begini. Ini kan sebenernya hal2 yang sangat mungkin dihindari kalo ada kepatuhan berlalu lintas. Padahal jelas2, kebanyakan perlintasan kereta di jakarta dan sekitarnya biasanya dilengkapi sama yang namanya petugas, entah person in charge atopun polisi cepe kan? Tapi teteeeuuup we' dasar urang indo gitu yahh... Malah, seringkali polisi juga bantuin menertibkan daerah perlintasan, tapi tampaknya polisi kalah saing dalam jumlah personil ama si pengendara motor yah, jadinya yah polisi berasa patung ato boneka yang pake seragam aja gitu, mejeng disitu!

Dan gw menghimbau kepada siapapun pengguna jalan raya, pengguna kendaraan bermotor, pliiiisss... Be careful! Keluarga menanti di rumah. Bersabar sedikit dalam berkendara, udah jadi masalah klasik lah, kalo sarana infrastruktur di negara kita masih kacau beliau, jalanan jelek, sempit, kendaraan bermotor tumplek blek di jalanan, belum lagi ditambah dengan rambu2 lalu lintas yang terkadang kurang memadai. Ahhhh.... Makin kompleks masalahnya. Mungkin bapak2 plisi dan aparat yang terhormat, bisa mmembantu menertibkan para pengendara kendaraan bermotor yang suka seenaknya di jalanan, udah ga usah pandang bulu, langsung tilang ditempat, biar kapok semuanya. No excuse buat para pengendara yang sekarep endasmu ituuu.

Dan, makin galaulah saat gw menyadari fakta bahwa, rumah gw yang mungkin akan gw tempatin sekembalinya kita dari negeri kanguru ini ternyata harus melintasi jalanan kereta. Argghhh.... Kenapa oh kenapa??? Semoga saat gw balik tahun depan, perlintasan kereta itu sudah menjadi lebih ramah dan jinak bagi siapapun yang melewatinya. Amin... *doa sungguh2*

Serius deh, disini, memang populasi motor cuma sedikit, mungkin bisa dihitung pake jari kali yah. Tapi yang gw salutin itu, disetiap perlintasan kereta api, gak ada yang namanya petugas palang kereta. Cuma ada palangnya aja yang bekerja otomatis, buka dan tutup setiap ada kereta lewat, para pejalan kaki juga cuma dibatasin pintu otomatis, supaya ga bisa lewat. Udah gitu aja, gak pake petugas dan polisi lebay yang harus ngamanin tiap perlintasan, tapi hasilnya? Good job man! Rata2 orang punya tingkat awareness yang tinggi. Sabar nunggu antrian, dan tertib berkendara.

So, memang gw berniat ngebandingin ko, dan kalo lo bilang, ahhhh disana kan infrastrukturnya udah bagus, manusianya modern, alat transportasi umum memadai, jadi ga macet, gak banyak mobil dan motor yang melintas. Well, memang begitu adanya. Tapi, yuk ah.. Kita juga ikutan jadi manusia modern, ohhh... Jadi manusia modern gak butuh tas bermerk ato jam tangan mewah ko, cukup sedikit mengubah pola pikir kita aja. Setidaknya, mari dong kita berpikir terbuka, gak egois, mentingin diri sendiri, keselamatan pribadi, tapi gak peduli sama orang lain. Jangan ada lagi kata2 "yang penting, gw selamat, yang penting gw cepet sampe, yang penting gw terbebas dari kemacetan" nah... Pola pikir ini yang harus dikesampingkan, kan kita juga sama2 punya keluarga yang menanti di rumah, jadi ayu lahhh... Selain kita yang selamat, mereka juga pengen selamat, pengen ketemu sama keluarga yang menanti di rumah dengan sehat walafiat.

Jadi, mulai sekarang, jadi manusia modern yuk. Kalo ga dimulai dari sekarang, dari diri sendiri, kapan lagi dan siapa lagi yang mau memulainya. Bayangkan, kalo 250juta penduduk indonesia bisa jadi manusia modern (pola pikirnya), akan seperti apa bangsa indonesia 20 tahun kemudian??? Woohooo...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar