Minggu, 01 April 2012

5 Cara Stop Kebiasaan Belanja yang Tak Terkontrol

Sebagai perempuan, kadang kita suka kebablasan, ya gak? eh maksudnya kalo lagi belanja yaaa...! Ayo ngaku!! Iya...iya... kalo soal ini gw ngaku, masih jauh dari kata disiplin kalo udah ngomongin soal belanja. Dari mulai groceries, clothing dan lain2. Kadang yah, walopun udah mencoba beragam cara buat "mendisiplinkan" pengeluaran, tapi masih teteeeepppp we' kebablasan.

Nah, ada beberapa trik cara sukses berbelanja yang gw kutip dari Wolipop ini, yuk kita cek!

1. Buat Daftar Belanja
Jika Anda belum pernah dan belum terbiasa untuk membuat daftar belanja, sebaiknya mulai sekarang cobalah untuk membuatnya. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir pengeluaran. Biasanya wanita kerap lapar mata saat berbelanja, oleh karena itu dengan membuat daftar belanjaan dapat melatih kedisiplinan Anda dalam mengontrol uang.
---> gw: udah sering dan hampir selalu bikin daftar belanja, terutama untuk grooceries, etapinya maaaaahhhh... tetep aja kadang laper mata. Beli yang ga perlu, beli yang dipengen, beli yang ga dibutuhin. Nyesel? mmm... gak hehe. Soalnya, pasti kepake ato kemakan sih sebenernya, cuma ya gitu jadi bikin "bengkak" pengeluaran ajah.

2. Butuh vs Ingin
Belajarlah untuk tidak menjadikan keinginan sebagai prioritas. Anda harus mendahulukan kebutuhan yang memang diperlukan. Untuk memenuhi segala keinginan hanya akan membuat Anda boros dalam mengeluarkan uang. Sebelum memutuskan untuk membeli baju, sebaiknya dilihat terlebih dahulu lemari Anda. Jangan-jangan masih ada baju baru yang belum sempat dipakai.
 ---> gw: nah, ini yang harus bener2 dipegang, Need VS Want. Basically, udah ngerti apa itu need dan apa itu want. Practically, seringnya ketuker hihihi... *ampun... jangan disetrap ya*

3. Membuat Jadwal Belanja Rutin
Membuat jadwal belanja secara rutin wajib dilakukan. Hal ini sama pentingnya dengan jadwal rutin membayar tagihan bulanan. Kegunaan belanja secara rutin dapat membantu Anda mengontrol keinginan untuk berbelanja di luar jadwal yang telah ditentukan. 

---> gw: yayaya... kalo yang ini, sebenernya untuk groceries sih kita biasanya weekly. Cuma ya gitu kadang, baru belanja hari ini, eh ternyata ada yang kelupaan, besok belanja lagi deh, etapinya belanjanya nambah lagi deh hehe. Ini untuk groceries yah, kalo buat clothing dll gak punya jadwal yang jelas hehe. Kalo lagi butuh, hayuk... kalo lagi nemu barang lucu, hayuuuk... kalo lagi nemu yang murmer, hajaaaarrrrrrrrrr!!! hehe

4. Bandingkan Harga
Window shopping ternyata penting untuk diterapkan. Kegiatan tersebut dapat membantu Anda untuk melakukan perbandingan harga produk di toko yang satu dengan yang lainnya. Karena harga yang ditawarkan oleh masing-masing toko selalu berbeda meskipun produk atau barang yang ditawarkan serupa. 

---> gw: Tuh... window shopping ga dilarang kan! Asal... cuma liat2 doang dan dengan tujuan ngabndingin harga. Gw? Lewat deh. Window shopping, seneng, tapi bukan buat bandingin harga. Gw tuh dari dulu ga pernah "ngeh" sama harga suatu prduk, apalagi nyuruh bandingin harga di tempat A dan tempat B. Payoyeeehhh! Untung, suami gw cukup jeli soal ini. Tapi yah... kalo beda harganya ga terlalu signifikan, yaudahlah, sekarepnya!

5. Hati-hati dengan Kartu Kredit
Bagi pengguna kartu kredit, sebaiknya perlu berhati-hati. Perlu diingat bahwa fungsi kartu kredit adalah untuk memberikan rasa aman dengan tidak membawa uang tunai dalam jumlah yang banyak, bukan sebagai alat untuk memudahkan Anda berhutang. Jadi, sebelum memutuskan untuk menggunakan kartu kredit, pertimbangkanlah terlebih dahulu.

---> gw: Kartu kredit? Frankly, kita ga punya. Gak minat tuh!!! Lagian, duit di ATM ga abis2 hehehe... *Amin* (eh, ini becanda yah, tar dikira serius lagi. Makanya bantuin Amin-in ya). Bukan begitu, konon katanya pake CC, kalo kitanya disiplin sih ga masalah, misalnya narik duit 5jeti trus sebelum tanggal jatuh temponya kita langsung bayar lagi 5 jeti, itu sih ga masalah. Tapinya udah banyak dengar masalah utang CC dan akhirnya terbelit-belit utang kayanya malah riweuh. Malah ada temen nyokap, hidupnya dan keluarganyanya jadi ga tenang gara2 harus berhadapan sama Debt collector mengenai masalah utang CC ini. Hiy,,, dy harus pindah2 kerjaan dan rumah biar ga digangguin ama tuh Debt collector. Aih... bikin senewen kan! Jadi, kita berprinsip, selama itu barang konsumtif, kalopun kita pengen banget, ya mending tunggu duitnya kumpul aja deh. Ga usah mikirin gak up-to-date ato ga gaya lah. Yang penting hidup aman dan nyaman. Setuju ibu-ibu!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar