Minggu, 01 April 2012

Daylight Saving is Over

Yep, daylight saving untuk Victoria, Australia sudah berakhir hari ini. Berikut beritanya!

Daylight Saving 2011 > 2012


Victoria's period of daylight saving will start at 2:00am on Sunday 2 October 2011. At 2:00am standard time (Eastern Standard Time) move clocks forward one hour to 3:00am summer time.

Victoria's period of daylight saving will end on Sunday 1 April 2012. At end of daylight saving period, move clock back one hour at 3:00am summer time to 2:00am standard time (Eastern Standard Time).
(taken from here)

Artinya, marilah kita memundurkan waktu 1 jam saja kembali ke waktu normal... 

Apasehhh??? apaseeehhh? Daylight saving ituuuu?
Jadi begini teman2, daylight saving ini kebijakan Pemerintah di negara2 yang beriklim subtropis, Mereka melakukan daylight saving dengan memajukan waktu 1 jam lebih awal biasanya dipermulaan musim panas, tujuannya untuk menghemat energi CMIIW hehe. Maklum, baru kali ini ngerasain tinggal di negara 4 musim, suka amazed sendiri pas tau beberapa hal dan banyak hal lain yang ga ada di negara lain, dengan kata lain masih "norak" gitu yahhh.

Nah, kemarin kita mulai majuin 1 jam lebih awal itu pas tanggal 2 Oktober 2011 (yang mengakibatkan perbedaan waktu antara Melbourne dan Jakarta menjadi 4 jam), dimana resminya waktu siang lebih panjang dari malam. Jadinya yah, kalo biasa di Indo, waktu Magrib itu sekitar jam 6an, yang artinya matahari terbenam, disini jadi lebih panjang. Bayangin, cuaca mulai gelap, matahari mulai terbenam itu jam 9an. Uh... gimana gitu rasanya hehe. Jadi kalo abis pergi dan pulang agak malem, masih berasa sore aja gitu. Alhasil waktu sholat juga berubah. Kebayang dong pas lagi puncak musim panas, Magrib itu baru jam 9an dan yang paling berasa adalah nungguin Isya nya, sempet ampe jam 11an booo... Ampun DJ, yang ada seringnya abis magrib kita bobo dulu, tar tengah malem baru deh bangun buat Isya. Untung, gak pas lagi bulan Ramadhan yah, apakabar dunia? huhuuuhuu...

Nah, karena summer juga udah berakhir maka sesuai kebijakan, tanggal 1 April 2012, kita kembali ke waktu normal lagi deh, yaitu mundurin waktu 1 jam kembali (perbedaan waktu Melbourne dan Jakarta kembali 3 jam saja). Dan, tepat hari ini. Begitu bangun di pagi hari, suami gw, yang udah bangun duluan, udah wanti2 gw, kal daylight saving udah selese, dy juga udah mundurin waktu 1 jam untuk jam dinding di rumah. Kebetulan, settingan HP otomatis menyesuaikan. Yasudahlah... gw gak ambil pusing. Waktu berjalan seperti biasa, normal dan aman terkendali. Sampe ketika suami gw balik gawe dan menemukan gw abis ngambil air wudhu. Spontan, dy nanya, "mau sholat isya?" karena kebetulan udah jam 7. 30 PM. Gw jawab, "maghrib dong! kan baru jam segini." Teng tong... Langsung diliatin jadwal sholat dari HP suami gw. Oia... berubah yah, gw gak ngeh hehe. Lah, barusan yang gw denger suara Azan dari HP gw berarti azan Isya dong dong nyaaaaa. 

Yasudahlah, gw nungguin suami beres2 dulu baru mau sholat, eh ga berapa lama HP gw bunyi Azan lagi. Heh? kalo tadi Azan isya, sekarang berarti azan apa? Ternyata pas gw cek sodara-sodara, HP ge kelewat canggih hehe. Kalo liat aplikasinya, emang jadwal sholat udah menyesuaikan, Magrib jam 6;14 PM dan Isya 7:36 PM, tapi ternyata notification suara Azannya masih pake waktu yang lama. Eing ing eng... 

Baiklah, demikian efek daylight saving yang udah berakhir hari ini, dan gw dengan ini menyatakan gw kena imbas di hari pertama berakhirnya daylight saving. Jangan2 ini aplikasi waktu sholat lagi ngerjain gw ya mentang2 hari ini APRIL MOP. Ckckckck... Kena deh gw!!!  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar