Senin, 02 April 2012

ART

Abis blogwalking ke beberapa blog keluarga yang ceritanya seru2 hehe, gak sengaja baca banyak yang mengisahkan tentang balada ART, jadi pengen cerita juga ni masalah per-ART-an. Eh, ini cerita ART waktu masih di Indo kemaren yah. Sebagai ibu bekerja, siapa sih yang ga butuh ART buat bantuin ngerjain urusan rumah? Kebetulan, untuk urusan anak, kemaren sih gw masih mempercayakan ke nyokap gw, ya secara gw juga masih tinggal bareng ortu ya.

Semenjak gw hamil besar, gw emang udah berencana nyari ART buat bantuin tar pasca lahiran, kebayang dong nanti cucian popok pasti bejibun, selain itu juga setelah 3 bulan gw kan harus back to ngantor lagiii... Yuwislah, kita cari2 ART, dapetlah, si mba pertama, rekomendasi dari temen gw. Okelah, mulai kerja dirumah gw eh rumah nyokap maksudnya :p sayangnya, si mba ni udah berkeluarga dan punya anak 1, jadi pulang pergi aja kerjanya, nah, nyokap maunya yang stay gt biar klo lagi pergi ada yg jaga rumah, ato kalo lg ada perlu apa2 pas malem, bisa minta tolong si mba. Jadilah, walopun udah ada, kita tetep nyari simpatisan lagi *dikata parpol apah* Kebetulan mertua gw ikutan bantuin nyari dari kampung halamanny, gak lama kemudian dapetlah si mba yang bisa stay di rumah. 

Hari demi hari, bekerjalah si mba yang ke-2 di rumah. Kalo diliat2 kerjanya agak lambat sih, yaudahlah mungkin masih penyesuaian, gw pikir. Selain itu juga hobinya ngerem di kamarnya mulu, yang kebetulan ada di lantai 2. Jadilah kalo nyokap ato gw butuh bantuan, harus teriak2 gitu. Lama2 nyokap gw mulai senewen niy, udah sempet dibilangin baik2 kalo siang mending di bawah aja, sambil ngobrol ato nemenin nonton TV aja. Teteeep we'. Gak lama, beberapa hari, sekitar 2 minggu kerja, tiba2 dy cerita ma gw. Dengan muka melas dan tampak kesakitan gitu,katanya dy sebenernya sakit, udah lama. Menurut ceritanya dy itu udah beberapa bulan belum haid, katanya semacam ada benjolan dan lain sebagainya. Lah, gw diceritain begitu kan serem yah. Akhirnya gw bilang ma nyokap, kalo dy sakit dan mending ga udah kerja ajalah, daripada malah makin sakit. Yaudah pas nyokap gw tau, nyokap ngajak ngobrol dy yang ternyata pas disamperin ke kamarnya, dy lagi nangis kesakitan. Jeng jeng.... makin pusing lah nyokap gw. Demi atas nama kemanusiaan, kita juga kasian, jadi kita biarin dy stay di kamar, di anterin makanan dan minuman dll. 

Besoknya, saat semua orang udah beraktivitas, si mba belum muncul juga. Disamperinlah sama nyokap gw, lagi2 lagi meringkuk kesakitan sambil nangis. Mana nyokap tega nyuruh kerja, akhirnya siangan dikit diajak ke RS buat di cek, itu juga turun tangga dan jalannya pelan-pelaaaan banget, kaya kesakitan gt. Well, udahlah, akhirnya nelp mertua gw dan siangnya langsung dianterin balik ke kampung. 

Sepulangnya mertua gw ngater si mba yang sakit, dateng lagi dengan membawa si "mba" baru. Kenapa gw kasih tanda kutip? karena si "mba" ni masih imut2, katanya baru lulus SMP, umurnya baru 13th, ealahhh... bisa dituntut KOMNASHAM ni gw gara2 memperkerjakan anak dibawah umur. Dan, dy ngakunya udah pernah beberapa kali kerja di Jakarta dan salah satunya pernah sebagai babysitter *manggut-manggut* Yang sedikit mencengangkan dengan "mba" baru ini adalah penampilannya yang sungguh mmm.... "gaul" tingkat tinggi. Gimana enggak? Dateng ke rumah gw dengan tampilan ala anak SMA gaul Jakarta Raya, pake rok pendek sekolah, pake gelang2an yang super banyak di tangannya trus yang paling menghebohkan adalah idungnya ditindik doong. Jiah, dalam hati, ni anak niat kerja ga yahhh... Tapi berhubung butuh, yuwislah "selamat bekerja..."

Dan, bener aja... baru seminggu kerja di rumah, kebetulan pas weekend emang jadwal kita nginep ke mertua dan kebetulan keluarga gw pergi, nah si "mba"nya ditinggal, dengan alasan perginya ga lama dan biar rumah ada yang nungguin *emang rumahnya ada yang mo bawa kabur neng???* Sorenya, gw ditelp nyokap dan mendapat kabar kal si "mba" nya kabuuuurrrrr.... Sebenernya sih, dy kabur gak bawa barang2nya. Masih lengkap semua peralatan dan perlengkapan dy, cuma ya itu. Dy pergi dengan meninggalkan rumah gw dalam keadaan terbuka. SIP banget ga tuh!!! *bentar tarik napas dulu gw* Saat itu, sih kita ga menyadari apapun yang ilang, yasudahlah... toh kita langsung ngubungin si yayasan yang bawa dy dan dijanjiin mo diganti  yang baru. Nah, yang jadi pertanyaan adalah, kemanakah dy? Well, sebenernya yah, kita udah sebodo amat gitu yah, tapi ko dirasa kasian gt, anak kecil ilang ato kabur sendirian di Jakarta, kayanya juga dy ga megang duit. Entahlah gimana dan kemana. Kemungkinan besar sih, dy mau kerja cuma alesan aja biar diongkosin sampe Jakarta, abis itu entah kemana. Yang ngeselinnya, kita sempet nelpoonin dy malemnya, tapi tuh telpon ga diangkat2, gak lama dy sms ngakunya di bawa kabur sama cewe dan dy ga tau lagi di daerah mana, tapi jangan nelp katanya dy lagi ngumpet. Helloooooooowwww... dikata kita anak kecil kali yeee... Yaudahlah, dadah babay aje yeee... Trus, ternyata cerita ga berakhir sampe di situ, setelah beberapa bulan ilang, etiba2, tuh bocah sms adek gw dan bilang "mba, beliin gw pulsa dooong". Menurutlooooo???

Haiyah... cem-macem aja emang kalo cerita soal si mbak. Dan terakhir, dikirimin lah mbak baru, kali ini yang nganterin ibu yayasannya, sebagai ganti bocah yang kabur kemaren. Eits, jangan salah, ni ibu yayasan kalo dipikir2 pinter juga dan minterin juga ckckck... Sekali kita minta mba sama dy, kita kena biaya sebesar 300rb buat si ibu, okelah ga masalah kalo mbanya emang beneran niat kerja. Nah, kasus gw, tiap ganti mba baru, kita masih harus bayar lagi. Apalagi, saat dy yang nganter ke rumah gw, minta tambahan ongkos. Ih, jadi gemes gw. Udah gitu, pinternya dy lagi adalah dy sebagai koordinator para ART yang mau kerja. Jadi, ART itu ditampung dan disalurin ke yang butuh, selain dy dapet duit dari kita, dy juga minta duit dari si ART itu. Nah, biasanya lebaran ART itu kan pulang kampung, dan di kampung tuh duit yang dibawa ART setelah bekerja pasti abis-abisan, entah buat bayar pungli, bayar utang selama kerja ato lain2. Disinilah peran dy, minjemin duit buat keluarga ART itu dan nyalurin ART itu kerja di tempat lain. Brilian juga ya otaknya ckckkck.

Yasudahlah, emang nyari ART itu gampang2 susah. Padahal, dulu waktu gw kecil, kayanya gampang banget nemu ART yang loyal, jujur dan baik. Malah, banyak dari mereka yang bertahan sampe gw gede. Tapi yah... begitulah hidup ya ibu-ibu. Emangnya, gampang muluuuu...

Beruntungnya, sekarang gw ga kerja, jadilah gw ngurus keluarga tanpa perlu bantuan si mba. Lagipula, mana mungkin make jasa ART di sini, mahal yah boo. Tapi juga kebanyakan orang sini emang mandiri abis ko, punya anak banyak, ngerjain apa2 juga sendiri, ga pake nanny-nanny-an. Kita aja cenderung manja dan dimanjain keadaan ya di Indo. Disini, rata2 kalo ortunya kerja, ya anak yang masih kecil, ditaro di childcare, ato kalo emang salah 1 kerja udah cukup, ya yang 1 cukup di rumah dan mengurus semua sendirian. Hebatlah pokonya mah.

Well, nanti kalo gw balik ke Indo, apakabarnya yah? Pasti harus kembali bergelut dengan balada ART. Hufff... mudah2an bisa nemu mba yang bener2 niat kerja, jujur, loyal dan baik yah. Dan, yang jadi catetan adalah, bahwa ART adalah Asisten rumah Tangga yah, dy cukup membantu, bukan sebagai cunguk yang dipekerjakan seenaknya, kerja rodi siang malem, gaji pas-pasan, ga ada libur dan uang jajan. Yah, semoga kitanya juga lebih bijak memperkerjakan ART, lebih bijak dalam berbicara, dalam meminta bantuan, dan dalam memberikan gaji. Amin. 

2 komentar: