Rabu, 08 Februari 2012

Ini Indonesiaku

Beginilah, secuil potret kehidupan masyarakat Indonesia yang akhir2 ini menjadi buah bibir bukan hanya di  negara kita, tapi juga di berbagai negara di dunia. Yang memilukan, berita ini bukanlah suatu PRESTASI yang layak dibanggakan tapi malah lagi2 mencoreng nama bangsa Indonesia. Bukan... bukan... ini bukanlah berita tentang korupsi yang sudah biasa di negara kita, bukan juga soal bencana alam yang memporak-porandakan dan menyisakan kepedihan dan trauma. Memang, berita ini, menjadi titik kritis bagi sebagian orang, menjadi simalakama bagi pemerintah kita dan tentunya menjadi aib bagi putra putri generasi muda Indonesia.

Video berikut bercerita tentang seorang anak di usianya yang 2 tahun dan tentang kebiasaannya merokok. MEROKOK??? Apa yang ada dipikiran anda saat melihat bayi berusia 2 tahun gemar merokok? Bukan secara sembunyi2 seperti yang kebanyakan para remaja mencoba rokok pertamanya, tetapi ini dilakukan di depan khalayak dan orang tuanya. Well, hey, they - children- do learning by doing, right? Jadi, kalo si anak pada akhirnya mencoba merokok, pastilah karena sangat terbiasa menyaksikan pemandangan tersebut dan kemudian menjadi copycat dari orang tua dan orang2 disekitarnya.

"Don't worry that children never listen to you; worry that they are always watching you."  ~Robert Fulghum

Kalau begitu, siapa lagi yang harus dipersalahkan dalam hal ini? Orang tua? TENTU. Lingkungan? PASTI. Karena itu, saya tidak mau menjudge mereka -orang tua si anak- yang bersalah dalam hal ini, walaupun demikian adanya, tapi biarlah, setiap orang pun tentu punya alasan melakukan suatu, bukan?

Dengan ini, saya sebagai orang tua, menghimbau kepada seluruh orang tua di dunia, untuk sama2 berusaha memberikan contoh yang baik bagi anak2 kita. Karena pendidikan utama adalah berasal dari lingkungan terdekat, yaitu orang tua dan keluarga, selebihnya lingkungan juga memegang peranan penting dalam pendidikan anak di kemudian hari.
"All good qualities in a child are the result of environment, while all the bad ones are the result of poor heredity on the side of the other parent." -Elinor Smith-

Nah, berikut videonya dari youtube, semoga menjadi pembelajaran bagi kita semua!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar