Sabtu, 28 Juli 2012

Sydney, Bla bla bla

Akhirnya, setelah menuntaskan trilogi cerita edisi liburan keluarga, sekarang mari kita bahas sedikit tentang kota Sydney! Yeeeeayyy!

Seperti yang teman2 tau, Sydney itu terletak di benua Australia *udah tauuuu kaleeee*, Sydney itu adalah ibukota New South Wales *iyeeee tau kakaaaa*, Sydney itu adalah kota terpadat di Australia *kaaabbbooor* *maap, saya takut ditimpuk gara2 kebanyakan kasih pelajaran Geografi*. Oke, udah pada tau kan?? Yaudah, itu aja yang mau gw ceritain hehe. 

Ehh, lagi pada puasa boleh becandaaa doooong! 

Nah, yang mau gw share disini ada beberapa hal, bikin point aja yah biar ga bingung. 

1. Saat kita ke Sydney ini, di sana lagi musim dingin, yaaaa sama sih kaya di Melbourne, bedanya kisaran suhu udara di Sydney kurleb 5C lebih anget dari Melbourne. Jadi saat kemaren kita di sana, suhu masih sekitar 15-20C. Assssiiiiik doong. Gak terlalu berasa dingin kaya Melby, sampe saking belagunya gw keluar jalan2 ga pake jaket doooong. Udah gitu pas siang hari, kita malah ngerasa cuacanya teriiiik banget,  kaya lagi summer gitu. Bagus sih, jadi ga terlalu dingin dan ga ujan. Nah, jadi dateng ke Sydney saat winter juga bukan ide yang buruk yah, terutama untuk sedikit menghangatkan badan dari dinginnya kota Melbourne. Tapi, kalo ga mau rempong sih, emang paling seru dateng pas summer. Bayangin aja, pas winter aja, kawasan pantai kaya Bondi dan Manly beach ini masih banyak yang renang n surfing, apakabarnya kalo summer, udah kaya pepes teri aja kali yah, banyak yang pada sunbathing juga.

2. Seperti yang gw bilang di atas, Sydney adalah kota terpadat di Australia, jadi jangan heran kalo ngeliat kemacetan disini. Yaaa, walopun kadar macetnya gak separah Jakarta sih, tapi buat yang tinggal di melby kaya gw, lumayan kaget aja gitu. Selain itu, di Sydney, banyak bangunan tinggi, yang ngebuat matahari tuh gak bersinar rata di sepanjang jalan. Dan, menurut gw, kontur wilayah Sydney jauh lebih berundak-undak lo. Di Sydney, gw ngerasain jalan nanjak dan turunan yang melelahkan, terutama buat pejalan kaki dan pengguna stroller kaya kita. Makanya banyak dibuat jalan layang khusus pejalan kaki gitu. Kebayang ga? Kal di Jakarta, kita kan nyebrang pake jembatan penyebrangan tuh, yah mirip gitu lah, tapi dibuat lebih luas dan bukan cuma berfungsi buat nyebrang, tapi buat menuju ke wilayah2 tertentu. Masih belum kebayang juga??? mmmm.... yah begitulah pokonya.

3. Soal transportasi, menurut gw di Sydney lebih beragam pilihan transportasinya dibanding di Melby. Ada bus, train, tram, ferry, dan monorail. Walaupun, bisa dibilang, bus menjadi transportasi utamanya. Nah, dengan beragamnya jenis transportasi di Sydney ini, menurut gw jadi lebih membingungkan apalagi buat turis awam macam awak ini. Dilihat jadi tarif transportasi umumnya juga jauh lebih mahal dari Melbourne. Makanya, soal transportasi ini gw lebih cintaan di Melby deh. Karena itu, buat temen2 yang berniat jalan2 ke Sydney, mending cari info yang jelas deh soal transportasi umumnya, biar ga bingung! 

Hal ini juga terjadi pas gw jalan2 kemaren, gw udah cari banyak info soal transportasi umum ini, di website dll, tapi ternyata pada kenyataannya informasi yang tertera belum cukup jelas. Seperti contohnya, gw udah cerita sebelumnya kalo di Sydney kita untuk PP dari/ke Airport itu udah beli yang return saat dateng. Ternyata eh ternayata, tiket return itu cuma bisa dipake pada hari yang sama. Jadi saat hari ke-3, kita menuju airport, ternyata tiket kita ga valid, yaiyalaaaah kita dateng dan pulangnya beda hari ciiin. Alhasil, kita harus beli tiket lagi. Sebenernya, bukan masalah beli tiketnya sih, cuma karena keterbatasan info jadi bikin kita bingung. 

Udah gitu, setiap jenis tiket bus, train, tram, ferry juga beda2 jenisnya, dan wilayah Sydney juga dibagi2 menjadi beberapa zone teng toooong. Lebih rempooong! kalo di Melbourne, juga di bagi 2 zone, tapi gak ada perbedaan jenis tiketnya, kita bisa pake metcard dan myki buat naik segala jenis moda transportasi di sini, harga tiketnya juga sama buat train, tram dan bus, yang beda cuma zone yang ditempuh aja.

Selain itu, jalanan di Sydney juga lebih sempit dari Melby dan dipenuhi bus ke berbagai jurusan. Jadi berasa padet deh. Yang lebih seremnya sih, ngeliat ini bus pada jalan2, eeeehhh ngebut pisan. Udah gitu, jenis busnya juga macem2, ada yang prepaid gitu, ada juga yang biasa. Dan yang prepaid ini gak berenti di semua halte, gw juga ga ngerti deh gimana2nya. Oia, lucunya, train di Sydney ini bentuknya bertingkat, ya mungkin memang ditujukan untuk mengakomdir jumlah penumpang yang banyak ya, tapi gw jadinya ngerasa kurang kids-friendly gituh. Yaiyalah, kalo pada bawa stroller kan susyyye naik2 tangga gitu ya, ada tempat duduk di "beranda" (gw ga tau namanya) juga ga banyak dan tempatnya gak luas. Kalo tram nya, gw gak ngerasain, malah baru ngeh kalo Sydney juga punya tram pas akhir2 mau pulang, kayanya angkutan utamanya itu bus, jadi tram cuma menjangkau wilayah tertentu, seperti monorail.

Nah, begini penampakan Sydney Train dari luar, gak terlalu modern ya

Nah itu ada tangga menuju k atas, dan sebelahnya tangga menuju ke bawah

Nyobain duduk di bagian bawah, strollernya di taro di atas.
Macem2 jenis tiket yang kita pake di Sydney 

mmm... apalagi ya? segitu aja deh sekilas tentang Sydney dari gw. Kalo mau tau lebih banyak, dateng aja dan nikmati sendiri cantiknya kota Sydney :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar