Minggu, 05 Agustus 2012

Marhaban Ya Ramadhan

Iya. Iya. Emang telaaaaaat banget postingan ini. Bulan Ramadhan udah lebih dari 15 hari hiks hiks.What I got so far? mmm...

Ramadhan kali ini jelas rasanya bedaaaaa banget. Ramadhan di negeri orang, dimana umat Muslim cuma jadi kaum minoritas ihiks. Kalo udah begini, baru deh berasa nikmat banget ngejalanin ibadah Ramadhan di negeri sendiri, deket sama keluarga, ngerasain sensasi Ramadhan yang khusyu, dan tentu aja bisa nikmatin menu berbuka yang MANTAPS ihiks ihiks.

Tapi yaaaa, lagi2 harus tetep disyukurin. Alhamdulillah, masih bisa bertemu dengan bulan suci yang penuh berkah ini, Alhamdulillah  masih diberi umur dan kesehatan, rezeki dan berbagai nikmat lainnya, dan yang paling penting, Alhamdulillah ramadhan kali ini keluarga kecil kita udah bisa berkumpul kembali, susah senang bersama, bisa ngerasain sahur dan buka puasa bareng walo dengan menu yang 3I alias Itu Itu Ituuuuuuuuuuu aja! ALHAMDULILLAH.

Gimana sih rasanya Ramadhan di negeri Kanguru ini? Well, jangan ditanya deh! Jelas beda banget, gak denger suara Azan, gak denger suara pengajian yang biasanya abis Shubuh bisa didenger lewat pengeras suara, gak bisa nonton Afgan yang ngasih tau waktu Imsak dan Buka Puasa, gak bisa nonton PPT (kecuali streaming), gak ngerasain huru hara anak2 nyalain petasan malem2 atau keriuhan orang2 bangunin sahur keliling pake bedug, gak bisa ikutan sahur on the road bareng remaja2 daerah rumah gw, gak bisa ngerasain jajanan ala buka puasa yang yummy ituuuu. Ah, pokonya mah saya kengen suasana Ramadhan di kampung halaman lah. Belum lagi nanti pas Hari Raya Ied nya, whoooa! Gak ada halal bihalal di tengah gang rumah, gak ada bagi2 angpao, gak bisa halal bihalal ngunjungin sanak famili, gak bisa ikutan mudik, daaaan gak ada sajian istimewaah khas rumah. Whooooaaaa! Belum lagi abis Sholat Ied kemungkinan besar ditinggal kuliah ato kerja. Nasib nasiiiibbbb!!!

Tapi, tetep bersyukur dooong. Alhamdulillah... Kenapa? Karena saat ini, Ramadhan jatuh saat winter, artinya waktu siangnya jauh lebih singkat dari pada saat Summer. Artinyaaa? Waktu puasanya juga lebih sebentar dan gak berasa, karena lagi dingiiiiinn.Tuh, kan tetep ada positive side nya. Disini, kita sahur baru jam 5an, karena Shubuh jatuhnya jam 6 kurangan. Dan jam setengah 6 sore, kita udah buka puasa deh. Gak berasa kan!

Terus. terus. mau cerita apa yah seputar Ramadhan? mmm... oiya, di Melbourne ini kan penduduknya sangat multikultural sekali yah. Banyak orang dateng dari seluruh penjuru dunia. Banyak juga dari negara-negara Timur Tengah tuh, tapi yah gak semuanya masih memegang teguh agamanya yah... Malah ada beberapa orang yang gw kenal dateng dari beberapa negara Islam, ternyata mereka juga gak ikutan puasa. Karena apa? Well... gak tau sih gw. Tapi ya sudahlah... ini kan urusan Habluminallah yah, urusan kita sama yang Di Atas. Jadi, biarkan mereka menjalankan sesuai dengan apa yang mereka percaya. Dan, kita juga menjalankan sebaik2nya sesuai dengan apa yang kita percaya. Semua pasti ada berkah dan balasannya. Amin...

Doakan, semoga keluarga kecil kami selalu Istiqomah yah... Tetep memegang teguh nilai-nilai Islami dan mampu menjalankan segenap ibadah di bulan suci ini dengan sebaik2nya. Dan kita menjadi orang2 yang jauh lebih baik dari sebelumnya. Amin.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar