Minggu, 07 April 2013

Challenging TWO!!!

Well, she is 2. I'm welcoming the stage of "TERRIBLE TWO", No No, I'd rather say "CHALLENGING TWO". Sebelumnya, mau narik nafas dulu huffff... Kesabaran memang sedang diuji. Anak umur 2 tahun memang sedang masanya mengeksplorasi dunianya. Keingintahuan yang besar ditambar jiwa kritis yang sedang terbentuk. Memang, dibutuhkan kesabaran yang berlapis-lapis untuk menghadapinya. Walaupun, tidak kesemuanya merupakan hal-hal yang menguji emosi jiwa, banyak juga hal lain yang menambah warna di setiap harinya. Dari mulai kemampuan berinteraksi yang makin meningkat, kemampuan verbal yang semakin berkembang, juga kemampuan mengeluarkan emosi yang meletup-letup.

Seperti hari ini, baru saja Ara mendapat sedikit "hadiah" dari saya karena saya mendapatinya sedang bermain di atas tumpukan cotton bud yang berserakan di lantai. Akhirnya, saya hadiahkan Ara untuk membereskan cotton bud seperti keadaan semula. Tidak mudah memang, sayapun harus menaikkan volume suara dan bersikap tegas sebelum Ara benar-benar mengerjakan apa yang saya minta. 

Lain kesempatan, saya dan suami diajak terbahak-bahak dengan polah nya Ara. Seperti saat Ara sedang menggosok gigi, kadang saya suka tersenyum geli sambil berkata "Lebay" ke Ara, karena bukan hanya tangannya yang bergoyang selagi menggosok gigi, tapi juga seluruh badannya, kaki, pant*t nya pun ikut bergoyang.

Atau, ketika saya mengajak Ara ber-flash back dan bercerita tentang liburan keluarga beberapa saat yang lalu. Selalu dan selalu, Ara akan menunjukkan bekas luka yang ia dapati saat liburan, dan akan selalu ada lanjutan kalimat berupa, "jatuh di Gold Coast" berulang-ulang hehe. Atau, ketika rasa penasarannya akan sesuatu hal yang entah Bunda atau Ayahnya lakukan, pasti dengan bersemangat akan bertanya, "lagi ngapain, Ayah/Bunda?" dan setelah di jawabpun akan kembali mengulang-ngulang pertanyaan yang sama. Tapi, jangan coba-coba menjawab pertanyaan Ara tanpa melihat langsung ke arahnya, karena dengan ganas Ara akan menarik muka Ayah/Bundanya untuk langsung menatapnya ckckck... Bagaimana? Terdengar "challenging" menghadapi anak usia 2 tahun?

Masih akan 11 bulan yang akan kami hadapi sebelum Ara berganti usia, pastinya akan semakin "challenging" di usia-usia berikutnya.

Tentunya, di usianya yang kedua ini, pastinya perkembangan segala hal menjadi sangat cepat. Perkembangan bahasa, motorik, social skill, semuanya. Lucunya, bocilpun makin sadar kamera, sering kali, Ara minta difoto diberbagai kesempatan ckckckkk... Buah jatuh gak jauh dari pohonnya :)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar