Jumat, 01 Februari 2013

G'day Mate!

Oh okay. Postingan ini terinspirasi dari bocil sebenernya. Beberapa hari yang lalu, sepulang dari childcare, tiba2 bocil bilang, "Bikkie... Bikkie.." Sambil menengadahkan tanggannya ke gw, yang artinya dia minta sesuatu yang bernama "bikkie". Errr... Gw yang emang kadang masih suka lost in words sama bocil, akhirnya mikir bentar, sambil ngebatin nih bocil ngomong apa yak! Eh, tiba2 gw inget, salah satu carernya pernah cerita ke gw kalo bocil lagi gak mau makan di childcare, kurang lebih gini lah ya obrolannya, carernya bilang, "she didn't want any food, she just ate bikkies". Mmm... I remember now, she asked for biscuits!!!

Gw cuma bisa senyum2 aja ngedenger ara ngomong gitu, bercampur-campurlah vocab nya ara, karena emang gw kan tetep ngomong bahasa Indonesia sama bocil, tapi childcare kan pasti dia denger bahasa Inggris, nah jadi begitulah campur-campur lah, asal gak kaya cincahhh loraks aja ya :p Emang sih, yang gw tau Aussie banyak ngomong slang words dan typical yg suka nyingkat2 kata gitu. Bahkan untuk namapun mereka hobi nyingkat, misal: Colleen jadi Cols, Natalie jadi Nate, Robbert jadi Robbo dan banyak lainnya. Trus juga aksen Aussie kan gitu deeeeh, gak jelas banget, ngomongnya kaya kumur2, mulutnya mangap seadanya doang *sigh*. Awal2 gw dateng aja, gw berasa dudul bgt, pernah gw ditanya ama nurse di health centre dan gw bagaikan kena sirep, dy ngomong apa dan gw gak ngeh sama sekali hehe.

Nah, seiring gw suka ikutan spouse program, jadi suka dikasih tau lah bahasa2 slang yg biasa dipake ama Aussie, cuma sebenernya tetep aja gw juga jarang make itu kata-katanya, lupa juga deh! Terus ngedenger bocil ngomong "bikkie", gw jadi tergelitik menuliskan beberapa slang words yang sering dipake disini. 


G'day = good day, kata sapaan yang biasa dipake, dibandingkan Good morning etc.
Mate = friend, baik yang dikenal ataupun gak kenal dan biasanya kata sapa untuk laki2
Brekkie = breakfast
Cuppa = a cup of tea/coffee

Barbie = barbecue
Nappy = diaper
Pram = stroller
Arvo = Afternoon
Aussie = Australian
Biscuit / Bikkie = Cookie
Footy = football
Flat chat, flat out = very busy
Good on ya = Well done
No worries, she'll be right = That's OK!
Reckon! = Absolutely
Too Right = Absolutely
Vegies = vegetables
Jumper = sweater
Sunnies = Sunglasses
Thong = Flip flop
Prezzie = Present, Gift
Chrissie = Christmas
Macca = Mc Donald


Tidak ada komentar:

Posting Komentar