Jumat, 08 Februari 2013

Finger Painting

Bingung mencari aktivitas buat sikecil? Kenapa tidak mencoba finger painting? Kegiatan ini bisa dilakukan oleh anak-anak dari usia 1 tahun ke atas. Kegiatan ini baik untuk motorik dan mengasah kemampuan si kecil mengenal warna. Kebetulan, Ara (22 mos) sedang senang menggambar dan bermain warna, jadi kegiatan finger painting bisa menjadi alternatif yang menyenangkan untuk dicoba. Sebenarnya, ini bukan kali pertama Ara bermain finger painting, beberapa kali Ara mencobanya di childcare dan senang sekali, sekarang waktunya membuat finger painting di rumah.

Untuk aktivitas finger painting ini, bahan-bahan yang dibutuhkan sangat lah mudah, kegiatannya juga bisa dilakukan kapan saja, namun sebaiknya dilakukan di luar ruangan (outdoor) agar lantai atau karpet tidak menjadi korban dan agar mudah untuk mengeringkan hasil finger painting. Berikut peralatan yang perlu disiapkan sebelum bermain finger painting:

1. Cat air, sebaiknya yang washable, dan non toxic
2. Alas plastik, untuk menghindari cat air tumpah dan mengotori lantai
3. Alas baju, seperti ponco khusus melukis, Ara tidak pakai karena tidak punya :p
4. Kertas atau media yang ingin dilukis
5. Wadah untuk tempat cat air
6. Tisu

Jika semua peralatan sudah tersedia, sebaiknya si kecil juga dalam keadaan kenyang dan tidak mengantuk agar kegiatan melukis tetap menyenangkan. Selanjutnya, biarkan si kecil berkreasi, baik menggunakan kuas ataupun jari-jari mungilnya. Jangan lupa, abadikan momen-momen kreatif si kecil dan pajang hasil karyanya di rumah.



"Look at me. Look at me. Look at me NOW. It is fun to have fun. But you have to know how." 
- Dr. Seuss, The Cat in The Hat -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar