Minggu, 11 Maret 2012

Apalah arti sebuah nama

Udah jadi budaya orang Indo, kalo ngasih nama yah...nama aja. Maksudnya, ga pake Family name dan lain sebagainya. Walopun, ada beberapa suku yang selalu ngasih family name buat anaknya yah. Begitu juga dengan gw dan suami, kita emang gak ada niat nyertain embel2 "Munandar" di belakang nama si gembil, dengan berbagai alesan, contohnya, "ah... tar juga klo married, nama belakangnya pake nama suami", ato juga karena kebiasaan bin dan binti pas nikah, udah wajib pake nama bapak. yuwislahhh... namanya anak ya nama aja #apaseeeeh. Yang penting, dibenak kita saat itu adalah, namanya bagus, merupakan doa orang tua, dilafalinnya enak, gak ambigu, trus terdiri dari 3 kata deh, biar gampang kalo bikin paspor hehe.

Tapinya, berhubung kita ada niat masukin Ara ke childcare di sini, tiba2 isu family name ini muncul kepermukaan. Bukan, masalah gawat sih, gak bikin diusir dari Ausi juga gara2 ga punya family name.Tapi yah, jadi punya cerita aja gitu buat diceritain hehe. Dan sehubungan nama ini, ada beberapa cerita deh, mohon disimak, abis itu ada drill untuk soal cerita berikut ini *maap jayus*

Cerita pertama.
Setting: Pagi hari di Medical Center Unimelb,

Doctor: So, what's your name?
Me: Erna
Doctor: And your baby?
Me: Arna
Doctor: Sorry?

Merasa orang tua si anak akan memberi nama Irna, Orna atau Urna untuk anak keduanya.


Cerita Kedua
Setting: Sebuah Childcare

Officer: I'm sorry, is your baby's name AMEERA? *dia bacanya AMIA* *sambil kebingungan ngeliat registration form*
Me: Yes, Ameera. *sambil nyebut suara R dengan jelas*
Officer: *Dengan muka gak puas ngedenger jawaban gw* sorry, your name is ERNA DEWI YUNIARTININGSIH, and your husband is ARIS MUNANDAR, I'm afraid to put the wrong data in the system, because your baby's name is ARNA DYANDRA AMEERA, there's no family name.

Merasa si anak hasil adopsi :(

Dan, gw sempet ngobrol sama temen gw orang Mexico, sekilas info Orang Mexico nyebut X dengan suara H (jadi, MEXICO dibaca MEHIKO) dan sekilas info lainnya adalah, ngeliat temen gw ini, berasa ngeliat film telenovela jaman dulu hehee #gakpenting. Oke, ngobrol sama mbak telenovela ini, ternyata klo di negaranya, nama anak itu, terdiri dari 3 kata, kata pertama itu nama anaknya, kata kedua nama Ibunya dan kata ketiga nama Bapaknya. Sekian sekilas infonya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar