Jumat, 04 November 2011

Pelit ato Cermat???

Gak tau yah, semenjak hidup di sini (baca: Melbourne), setiap pengeluaran tuh harus dipikirin gt hehe, maklum, cukup berasa kalo dikonversiin ke IDR. Nah, masalahnya, gw tuh bukan tipikal orang atau wanita atau Ibu2 yang teliti masalah keuangan. Gw, mana pernah hafal harga barang suatu produk. Gw, mana pernah ngebandingin harga produk sejenis. Dan gw juga bukan pecinta suatu brand tertentu yang gak mau pindah ke lain hati pake merk lain. 

mmm... setelah mempertimbangkan beberapa hal di atas, kok kayanya BUKAN GW BANGET gitu lo kalo ngecek2 harga, bandingin ama produk ato toko sebelah atau bahkan ngecek harga per satuannya hehe. Dan, inilah... SUAMI gw yang cukup detail dalam hal belanja oh belanja. Bukan cuma detail, lebih tepatnya sih teliti kali yahhhh.... Setelah lebih dari setahun usia pernikahan kita, gw makin mengerti "cara berfikir" Bapak yang satu ini, kadang lucu, kadang juga "kok kepikiran" gitu lohhh, eh jangan2 semua orang ngelakuin hal itu dan cuma gw doang yang gak yah??hehe 

Jadi  inget, dahulu kala niy, waktu status gw masih jd ibu pekerja, setiap hari Jumat tiba, pasti Ibu2 di kantor gw suka ngantri pengen baca, lebih tepatnya pengen liat koran Kompas. Perlu diketahui,  setiap Jumat, Koran tersebut selalu banyak iklan promo dari berbagai supermarket. Yang diliat sih kebanyakan produk susu anak dan nappy. Dulu, gw gak pernah minat ngeliat iklan ky gt, sampe saat gw udah merit, ada setitik penasaran sama euphoria rebutan koran di hari jumat, iseng gw ikutan nimbrung. that's  it, cuma nimbrung!! setelah gw hamil, rasa penasaran gw makin menjadi, bukan cuma "ngeliat" koran, tapi mulai iseng "mencermati" harga dan produk. tapi lagi2, baru sebatas iseng. Dan akhirnya, setelah gw punya anak, bukan cuma keisengan semata, tapi juga mencoba bergerilya buat dapetin produk tertentu yg lagi promo. Sampe pernah suatu ketika, gw ngeliat harga nappy lagi promo di supermarket X, cuma disitu ditulis ada ketentuan, maksimal pembelian 1 orang, 1 pack. Saking niatnya mo dapetin itu barang, berangkatlah gw bertiga (gw, suami dan mertua) demi dapetin 3 packs nappy tersebut. Segala daya upaya dan juga taktik udah kita susun, tinggal tunggu action aja. Tapi sayang di sayang begitu sampe supermarket itu eh barangnya udah laris manis. Hiks

Dan kejadian juga disini, setiap kali kita belanja di supermarket, bukan cuma merk aja yang kita cek, tapi sampe harga per satuannya kita cek (untung disini emang dicantumin di price list nya harga per satuannya) jadi bisa langsung keliatan perbandingannya. Gak kaya di tanah air, biasanya kalkulator HP jadi alat bantu buat ngecek harga satuannya. Selain itu, untuk lebih hematnya lagi, kita memilih untuk beli barang dalam kemasan besar, biar jatuhnya lebih murah hehe.

Tapi, jangan salah yah... bukan berarti kita pelit looo... seperti yg udah gw singgung di atas, kita cuma cermat aja ko... gak lebih gak kurang. bener deh!!! Kalo menurut KBBI arti 2 kata itu tuh jauh banget lo, niy kalo g percaya, dikasih contekkannya...
pe.lit
[a] kikir; lokek: orang -- tidak suka memberi sedekah

cer.mat
[a] (1) penuh minat (perhatian); saksama; teliti: ia mengerjakan soal-soal hitungan dng --; (2) berhati-hati dl memakai uang dsb; hemat: ia seorang wanita yg -- sehingga tidak ada uangnya yg terhambur begitu saja
Tuhkan, kalo dibilang pelit, jelas gak setuju doonggg... yang tepat, kami berdua itu adalah cermat!!!

2 komentar:

  1. waahhhh theme baruu nih bunn, segeran...baru bisa singgah singgah ke blog ini lagi soalnya kangeenn...kepikiran pasti blognya update terus walo d fb, twitter n whatapp jarang bersua,,heuheu..
    btw ngomong2 soal hal diatas klo gw udah dari dulu udah teliti dan cermat itu naa..lo ingatkan klo gw bli barang harganya berapaan...hahaaa..miss u darls..

    BalasHapus
  2. iya niy...uni lg sibuk menggalau di kantor yahhh...heheee..tuh kan!!! gw doang yg "oneng" soal beginian hehe.. oiayah,,inget deh klo belanja ama loooo....hehee.. mknya gw suka nitip biar dpt harga miriiiinggg hahahaaa... jd kangen belanja, lohhhh???

    BalasHapus